Profile profile of faculty

 

FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI

 

Sejarah Singkat

Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang dibawah naungan Yayasan Kutawaringin Subang sebelumnya berawal dari Sekolah Tinggi Ilmu Administasi (STIA) Kutawaringin berdiri secara resmi pada tanggal 21 April 2005, dengan Badan Hukum Yayasan Kutawaringin Subang dengan Akte Notaris Hj. Ii Rohayah Sulaeman, DH Nomor 6 tanggal 4 April 2006 di Subang. disahkan oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia.

Dalam perjalanannya berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia Nomor 33/D/O/2005 tanggal 21 April 2005 Tentang Penggabungan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Kutawaringin di Subang dan Sekolah Tinggi Teknik (STT) Kutawaringin menjadi Universitas Subang serta penambahan Program Studi yang diselenggarakan oleh Yayasan Kutawaringin Subang.

Fakultas Ilmu Administrasi menjadi salah satu Fakultas di lingkungan Universitas Subang. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang konsisten mengelola dan mengembangkan sistem pendidikan yang mencakup seluruh sumber daya yang dimiliki untuk mampu mewujudkan visi,misi dan tujuan fakultas berdasarkan integritas moral dan intelektual serta komitmen untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengabdi bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang memiliki 3 (tiga) program studi, yakni :

  • Ilmu Administrasi Publik (S1)
  • Ilmu Administrasi Bisnis (S1)
  • Ilmu Administrasi Keuangan (D3)

 

Visi dan Misi

Visi

MENJADI FAKULTAS TERKEMUKA YANG MAMPU MENGEMBANGKAN ILMU ADMINISTRASI DI JAWA BARAT PADA TAHUN 2023

 Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran di bidang Ilmu Administrasi, yang relevan dan konsisten dengan kepentingan pembangunan nasional.
  • Menyelengarakan kegiatan penelitian ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat, yang berorientasi pada kepentingan pemerintah daerah dan masyarakat.
  • Membangun daya nalar peserta didik dan lulusan dalam mengkaji masalah administrasi, sehingga memiliki kompetensi akademik untuk diaplikasikan kepada pemerintah dan masyarakat.
  • Menjalin dan meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak, baik dengan intansi pemerintah, swasta atau lembaga lain yang terkait dalam rangka meningkatkan mutu lulusan

Tujuan 

  • Menyelenggarakan tridharma pendidikan tinggi dengan konsisten untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompentensi ilmu administrasi  yang dilandasi ahlak dan moral yang tinggi.
  • Membangun kapasitas diri peserta didik dan lulusan dalam proses pendidikan dan pembelajaran, sehingga memiliki sikap kemandirian dan percaya diri dalam pengamalan ilmunya.
  • Membentuk kepribadian mahasiswa dan lulusan sebagai anggota masyarakat yang memiliki integritas akademis yang tinggi, dengan memiliki dasar keilmuan dan keterampilan yang profesional.
  • Mengembangkan Ilmu Administrasi yang dikorelasikan dan diselaraskan dengan kepentingan pemerintah maupun masyarakat pada umumnya.

Struktur Organisasi

 

Kenapa Fakultas Ilmu Administrasi?

  • Seluruh Program Studi di Lingkungan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang telah terakreditasi B berdasarkan SK BAN-PT. Terakreditasi B merupakan Status Akreditasi yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) bahwa Program Studi tersebut "DIAKUI & DIHARGAI" sehingga lebih menjamin di berbagai Dunia Kerja.
  • Dosen / Tenaga Pendidik Program Studi mencakup Guru Besar (Profesor), Doktor, dan Magister yang berkualifikasi dosen profesional bersertifikasi dan tenaga-tenaga ahli laboran yang terseleksi dan mengedepankan profesionalisme dan Budaya Mutu.
  • Kurikulum Program Srudi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang berdasarkan Standar Penjaminan Mutu yang ditetapkan melalui proses Peninjauan Kurikulum secara konsisten dengan mengikuti Asosiasi Program Studi secara Regional dan Nasional. Program Studi Administrasi Publik telah menjadi anggota dan pengurus DPD - DPP Indonesian Association for Public Administration (IAPA). Program Studi Administrasi Bisnis telah menjadi anggota Asosiasi Ilmu Administrasi Bisnis Indonesia (AIABI). Program Studi Administrasi Keuangan telah menjadi Anggota Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), aktif dalam kegiatan Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) serta Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) dalam skala Daerah, Nasional dan Internasional.
  • Daya dukung dan atmosfir Universitas Subang dan Fakultas Ilmu Administrasi Unsub dibangun dengan kerjasama berbagai pihak dalam Perkembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi semakin meningkat dan berkembang.
  • Terbangunnya sistem informasi pekerjaan melalui Forum Alumni Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang untuk mediasi dunia kerja.
  • Keberhasilan para Alumni Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang di berbagai Dunia Kerja seperti Pemerintahan Pusat dan Daerah, TNI, DPRD, BUMN, BUMD, Perusahaan Swasta, Lembaga, Dinas/Instansi dan lain-lain.

Sistem Perkuliahan

Program Sarjana (S1) dan Diploma (D-III) mengembangkan sistem perkuliahan Satuan Kredit Semester (SKS) dengan menerapkan berbagai kombinasi metode dan teknik perkuliahan yang dapat memperluas wawasan, mempertajam analisa, membentuk dan mengasah kemampuan manajerial mahasiswa, melalui tatap muka, studi literatur, diskusi seminar, simulasi, workshop, study banding, dll. Sistem ini dikemas dalam bentuk program perkuliahan Kelas Reguler dan Kelas Eksekutif. Menyelenggarakan Layanan perkuliahan untuk meningkatkan kualitas SDM di berbagai sektor. Menyelenggarakan kerjasama peningkatan mutu dengan berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta dalam skala Nasional dan Internasional serta kerjasama dengan lembaga-lembaga pemerintahan dan lembaga-lembaga negara serta institusi swasta dan berbagai stakeholders.